Minggu, 14 September 2014

VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH SMP NEGERI 06 BATU



VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
SMP NEGERI 06 BATU

I.            VISI
Membentuk Generasi Ber-MATA HATI
(Takwa, Taat, Tanggap, Tangguh, Tangkas, dan Berhati Nurani)

Indikator:
  1. Terbentuknya lulusan yang senantiasa menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
  2. Terbentuknya lulusan yang taat dan patuh pada norma dan aturan hidup beragama, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  3. Terbentuknya lulusan yang tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni  melalui peningkatan prestasi akademis dan nonakademis
  4. Terbentuknya lulusan yang sehat jasmani dan rohani dalam rangka menghadapi tantangan masa depannya
  5. Terbentuknya lulusan yang memiliki keterampilan sesuai dengan minat dan bakatnya sebagai bekal meraih kesuksesan
  6. Terlaksananya layanan pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan

II.            MISI SEKOLAH
  1. Meningkatkan Standar Kompetensi Lulusan untuk membentuk generasi muda  yang memiliki sifat dan akhlak yang mulia, pengetahuan dan keterampilan yang memadaiuntuk bekal kehidupan dan pendidikan pada jenjang selanjutnya, dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Mahakuasa.
  2. Meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik peserta didik dan sekolah untuk meningkatkan daya saing di tingkat Kota Batu.
  3. Mengimplementasikan Kurikulum 2013  secara optimal dalam rangka pemenuhan Standar Isi.
  4. Mewujudkan sekolah yang terakreditasi nasionaldengan nilai A.
  5. Melaksanakan proses pembelajarandengan pendekatan saintifik yang mengedepankan pembelajaran inovatif, kreatif, variatif,danberbasis TIK, dalam upaya pemenuhan Standar Proses.
  6. Meningkatkan pemenuhan Standar SaranadanPrasaranapendidikan yang relevan, dan memadahi.
  7. Mengoptimalkan pengelolaan Standar PembiayaanPendidikandengan mengedepankan prinsip transparansi, akuntabel, dan partisipatif untuk memberi kemudahan akses kepada masyarakat.
  8. Meningkatkan komitmen dan kompetensi pendidikdantenagakependidikanyang beretoskerja, tangguh, professional menuju pencapaian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berkualitas.
  9. Menerapkan ManajemenBerbasisSekolah(MBS) secara utuhdan berkesinambungan sesuai dengan tuntutan Standar Pengelolaan Pendidikan.
  10. Menyelenggarakan penilaianpendidikanautentik, berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan menuju pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan.
  11. Mewujudkan budaya literasi, budaya bersih, budaya takwa, dan budaya sopan kepada semua komponen sekolah
  12. Mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, dan bersih sesuai dengan wawasan wiyata mandala dalam mendukung pencapaian prestasi sekolah.
III.            TUJUAN
  1. Manajemen sekolah berupaya meningkatkan Standar Kompetensi Lulusan agar mampu mencetak generasi muda  yang memiliki sifat dan akhlak yang mulia, pengetahuan dan keterampilan yang memadaiuntuk bekal kehidupan dan pendidikan pada jenjang selanjutnya, dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Mahakuasa.
  2. Manajemen sekolah berupaya optimal meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik peserta didik dan sekolah untuk meningkatkan daya saing di tingkat Kota Batu.
  3. Manajemen sekolah mengimplementasikan Kurikulum 2013  secara optimal dalam rangka pemenuhan Standar Isi.
  4. Manajemen sekolah mempersiapkan diri untuk melaksanakan akreditasi sekolahdengan target perolehan predikat nilai A.
  5. Manajemen sekolah berupaya melaksanakan proses pembelajarandengan pendekatan saintifik yang mengedepankan pembelajaran inovatif, kreatif, variatif,danberbasis TIK, dalam upaya pemenuhan Standar Proses.
  6. Manajemen sekolah berupaya meningkatkan pemenuhan Standar SaranadanPrasaranaPendidikan yang relevan, dan memadahi.
  7. Manajemen sekolah mengoptimalkan pengelolaan Standar PembiayaanPendidikandengan mengedepankan prinsip transparansi, akuntabel, dan partisipatif untuk memberi kemudahan akses kepada masyarakat.
  8. Manajemen sekolah berupaya meningkatkan komitmen dan kompetensi pendidikdantenagakependidikanyang beretoskerja, tangguh, professional menuju pencapaian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berkualitas..
  9. Manajemen sekolah menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah(MBS) secara utuhdan berkesinambungan sesuai dengan tuntutan Standar Pengelolaan Pendidikan.
  10. Manajemen sekolah berupaya menyelenggarakan penilaianpendidikanautentik, berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan menuju pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan.
  11. Manajemen sekolah berupaya mewujudkan budaya literasi, budaya bersih, budaya takwa, dan budaya sopan kepada semua komponen sekolah
  12. Manajemen sekolah berupaya mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, dan bersih sesuai dengan wawasan wiyata  mandala dalam mendukung pencapaian prestasi sekolah.