Jumat, 28 November 2014

Teman Mengajar Dongkrak Minat Belajar

– Penerapan program tutor sebaya atau teman dari siswa yang paling potensial, cukup efektif mendongkrak minat belajar siswa. Seperti halnya di SMPN 06, yang terletak di Desa Giripurno, Kecamatan ini.  Bahkan, tingginya minat para siswa itu tidak hanya di , tapi di luar jam pelajaran.
kelompok belajar siswaSeringkali guru pendamping diundang oleh sejumlah kelompok untuk kegiatan belajar bersama dalam program tutor sebaya ini. ”Wali muridnya juga bersemangat kalau kedatangan guru pamong atau pendamping,” kata Budi Prasetyo, SMPN 06 Kota Batu, siang kemarin.
Dia lantas menjelaskan, program tutor sebaya itu metode pembelajaran yang sederhana. Program itu dimulai dengan memilih salah satu murid paling berpotensi untuk menjadi guru cilik. Guru cilik itulah kemudian yang akan membimbing teman-temannya didampingi oleh guru pamong.
Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga tahapan. Antara lain Placement Test atau tes untuk menentukan murid dalam satu kelas ke dalam 3 kategori kesiapan belajar. Antara lain, siap, cukup siap, dan kurang siap. ”Dalam satu kelas terdapat 30 siswa, yang nantinya akan dipilih 7 siswa dengan status siap sebagai tutor,” kata dia.
Selanjutnya, pembentukan kelompok tutor merujuk pada hasil placement test yang akan dipecah dalam beberapa kelompok. Masing – masing terdiri dari 1 dengan status siap, 2 dengan status cukup siap, dan 1-2 dengan status kurang siap. Selanjutnya tiap kelompok akan diberikan target per minggu, dalam mengerjakan soal – soal yang mengacu pada Ujian Nasional. Seperti mata pelajaran Bahasa , , Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam yang akan dirolling seminggu sekali.
Terakhir adalah fasilitas seperti 2 guru pamong, dan 1 guru nara sumber. Fungsi dari guru pamong adalah untuk membimbing pelajaran kelompok setiap harinya. Sedangkan guru narasumber bersifat kunci jawaban, sebagai pemegang jawaban dari soal-soal tersebut.
Salah seorang siswa juga mengakui metode tutor sebaya sangat menyenangkan. “Awalnya banyak yang tidak kompak belajar, tapi sekarang sudah kompak dan menyenangkan karena bisa berganti-ganti lokasi belajar,” kata Indi Fitrya Dearisty. (dny/yak)
Sumber : http://radarmalang.co.id/teman-mengajar-dongkrak-minat-belajar-12750.htm